Tes Otak Kiri atau Otak Kanan, Kamu yang Mana?

Selamat bertemu lagi dengan postingan ane. Sudah lama kita tak berjumpa. Hehe.. Biasalah alasan klasik seseorang ketika tidak meng-update blog adalah rasa malas .

Langsung aja ya. Kali ini ane akan ngasi tau bagaimana caranya kita mengetahui apakah kita sedang menggunkan otak kiri atau otak kanan. Coba perhatikan gambar berikut :

berputar searah atau berlawanan arah jarum jam?

Apakah gambar cewek ini berputar searah atau berlawanan dengan arah jarum jam? Atau mungkin juga pindah-pindah arah?

Jika Anda melihat gambar cewek ini berputar searah jarum jam maka Anda sedang menggunkan otak kanan. Dan jika Anda melihat gambar cewek ini berputar berlawanan arah jarum jam makan Anda sedang menggunakan otak kiri. Dan jika berpindah-pindah maka Anda sedang menggunakan otak kanan dan kiri secara bergantian. Mudah kan?

Kalau Anda sulit untuk mengubah arah dari searah jarum jam menjadi berlawanan jarum jam, berarti Anda dominan menggunakan otak kanan. Begitu juga sebaliknya. Nih ane kasih gambar buat yang susah untuk mengubah arah berputar si cewek ini.

Kanan : searah jarum jam | Kiri : berlawanan arah jarum jam

Sedikit informasi. Kemampuan otak kiri adalah berpikir secara analitik, logis, tepat, repetitif, terkumpul, mendetail, ilmiah, terikat, literal, berurutan. Sementara otak kanan berpikir secara kreatif, imajinatif, umum, intuitif, konseptual, gambaran besar, heuristik, empatetik, figuratif, tidak menentu.Intinya otak kanan menekankan tentang kreatifitas, imajinasi, dsb. Berbeda dengan otak kiri yang menekankan pada analisa, berfikir, matematika dsb.

Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan..

Semoga bermanfaat. Salam

sumber :http://www.hsp21.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s